Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce Tahun 2019

Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce Tahun 2019

Bisnis Online, SB1M, Sekolah Bisnis Online

Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce Tahun 2019

Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce Tahun 2019-Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan pertumbuhan pengguna internet dan smartphone yang besar, menjadikan pasar e-commerce Indonesia tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut ditandai dengan pertumbuhan pengguna teknologinya juga yang meningkat. Menurut data statistik yang dikutip dari Datamaya.com, “Lebih dari 50% pengguna smartphone melihat smartphone mereka setidak-tidaknya 1x dalam 1 jam, dan lebih dari 10% darinya mengecek smartphone mereka setiap beberapa menit”,  sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa e-commerce bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce Tahun 2019

 

Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce Tahun 2019

Meski sebelumnya sempat menuai pro dan kontra mengingat banyaknya penipuan pada bisnis online, namun dari waktu ke waktu e-commerce pada akhirnya bisa diterima oleh masyarakat. Lebih dari itu, tidak sedikit masyarakat justru menjadi pelanggan dari bisnis yang menggunakan internet. Saat ini bahkan banyak situs bisnis online yang tidak hanya resmi tetapi juga diiklankan di televisi. Ini tentunya menjadi bukti nyata bahwa e-commerce tidak hanya berkembang tetapi juga diterima oleh masyarakat dunia.

Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce Tahun 2019-Di Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Jumlah Penduduk Indonesia dan Karakter Konsumtif

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang padat. Dengan demikian kebutuhan masyarakat Indonesia akan toko tentu saja semakin bertambah. Apalagi, karakter masyarakat Indonesia itu sendiri terbilang konsumtif dalam berbelanja.

Dengan demikian, jumlah penduduk serta karakter masyarakat Indonesia yang konsumtif menjadi faktor pertama yang mendorong perkembangan e-commerce di Indonesia. Apabila hal ini tidak segera disadari dengan cepat, lambat laun hal ini dapat merugikan diri sendiri karena tidak berfokus pada apa yang menjadi kebutuhan, tapi lebih mementingkan keinginan semata.

2. Bertambahnya Pengguna Smartphone dan Internet di Indonesia

Indonesia termasuk negara dengan jumlah pengguna internet yang cukup tinggi. Ini menjadi faktor lainnya yang mendorong perkembangan e-commerce di Indonesia. Apalagi, kemacetan di Indonesia akibat semakin banyaknya penduduk serta semakin banyaknya pengguna kendaraan pribadi pada akhirnya menjadikan masyarakat Indonesia khususnya pengguna internet untuk memilih berbelanja secara online.

Apalagi, pengguna smartphone di Indonesia semakin banyak saja. Ini tentunya semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses internet serta berbelanja secara online.

3. E-Commerce Lebih Praktis dan Menjangkau Cakupan yang Lebih Luas

Faktor lain yang juga mempengaruhi perkembangan e-commerce di Indonesia adalah kemudahan yang diberikan oleh bisnis online dibanding toko offline. Apalagi transaksinya dianggap lebih mudah, termasuk proses berbelanja yang lebih menghemat waktu. Hal ini dianggap lebih praktis, cepat dan mudah karena berbagai  mobilitas masyarakat Indonesia (khususnya Jakarta dan kota besar) yang umumnya dipadati dengan berbagai aktivitas.

Faktor Pendukung Perkembangan E-Commerce Tahun 2019-Dari itu e-commerce juga memiliki cakupan yang lebih luas, bisa di akses oleh seluruh masyarakat di Indonesia bahkan di dunia. Hal ini yang mendasari bahwa e-commerce bisa menjadi primadona dan menjadi pilihan banyak orang ditahun 2019.

4. Meningkatnya jumlah pengguna internet dan smartphone di Indonesia

Seperti yang sudah dituliskan di awal artikel ini, saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet yang cukup tinggi. Lebih dari setengah penduduk Indonesia telah terhubung ke internet. Dengan 69 persen masyarakat Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile, dan sisanya melalui laptop dan tablet. Meningkatnya jumlah pengguna internet dan smartphone, menjadikan Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial bagi berkembangnya pasar e-commerce atau bisnis online.

5. Bisnis online lebih praktis

Faktor lain yang juga mempengaruhi perkembangan bisnis online di Indonesia adalah kemudahan yang diberikan oleh bisnis online dibanding toko offline. Sistem transaksinya lebih mudah, membuat proses berbelanja lebih menghemat waktu.

6. Sistem pembayaran di Indonesia sudah banyak berkembang

Transaksi online semakin diminati, bahkan sudah menjadi tren di kalangan masyarakat luas karena kemudahannya. Semakin berkembangnya transaksi dan bisnis online, semakin beragam pula metode pembayaran yang bisa digunakan dalam melakukan transaksi jual beli online. Selain semakin mempermudah pelaku bisnis e-commerce dalam melayani pelanggannya, beragamnya alternatif metode pembayaran juga mempermudah pelanggan. Kini pelanggan bisnis online memiliki banyak pilihan dalam melakukan pembayaran.

7. Pembangunan infrastruktur

Pemerintah terus membangun beberapa proyek infrastrukur seperti jalan tol dan pelabuhan. Pembangunan infrastruktur akan semakin memudahkan pengiriman barang di luar kota. Proses pengiriman bisnis online pun tentunya akan semakin lancar. Dengan memiliki banyak potensi tersebut, tak heran banyak bermunculan perusahaan e-commerce baik lokal maupun asing menyerbu pasar Indonesia. Inilah beberapa faktor yang mendorong bisnis e-commerce semakin berkembang dan akan menjadi industri besar.

Banyak yang sudah sukses dengan melakukan pemasaran di media sosial mereka. Ini karena hampir mayoritas warga Negara Indonesia punya akun facebook, dan diantaranya benar-benar menggemari facebook hingga setiap waktu dan setiap saat mengunjungi timeline facebook. Hal seperti inilah yang memperbesar peluang dalam memasarkan produk atau jasa yang kita jual ke halaman jejaring sosial.

Jadi bagaimana menurut anda tentang perkembangan dunia marketing di Indonesia apakah dengan adanya digital marketing ini nanti akan lebih memajukan semua sektor industry perdagangan termasuk hingga ke bagian paling kecil seperti UKM akan lebih berkembang dan mempunyai banyak peluang. Tentu saja bisa jika semua itu dilakukan dengan baik dan benar.

Untuk Belajar Tentang Bisnis E-Commerce Ini Tentunya Anda Harus Tau Apa Saja Yang Harus Dipelajari Datanglah Untuk Mengikuti Free Trial Class Di SB1M  KLIK DISINI  Untuk Mendaftar Free Member  KLIK DISINI

 

 

 

 

Baca Artikel Sebelumnya : 

Dunia Digital Marketing Yang Harus Dipahami Tahun 2019

Membangun Digital Marketing Dan Peluang Bisnis Di SB1M

Kursus Facebook Ads Di Jakarta Selatan Terbaik Tahun 2019

Ilmu Berjualan Online Yang Paling Tepat Untuk Dipelajari 

 

 

 

Leave a Reply