Kenali Gejala Penyakit Kanker Hati Pada Stadium Awal

Kenali Gejala Penyakit Kanker Hati Pada Stadium Awal

Healthy & Lifestyle, Produk Kesehatan

Kenali Gejala Penyakit Kanker Hati Pada Stadium Awal

Kenali Gejala Penyakit Kanker Hati Pada Stadium Awal

 

Kenali Gejala Penyakit Kanker Hati Pada Stadium Awal-Hati adalah salah satu organ penting pda tubuh manusia. Hati adalah kelenjar terbesar dalam tubuh dan merupakan organ besar kedua dalam tubuh. Hati memiliki fungsi penting seperti membersihkan racun. Untuk itu ketika hati/lever bermasalah, bisa menyebabkan masalah besar bagi tubuh. Lever juga salah satu organ tubuh yang bisa terserang kanker. Namun tak seperti dulu, kini kanker lever sudah bisa dirawat dan dicegah. Salah satunya adalah dengan mengenali tanda-tanda munculnya kanker lever. Ketika kanker lever sudah dikenali sejak awal, akan lebih mudah merawat dan menyembuhkannya dengan efektif. Kanker hati adalah kanker yang bermula dari organ hati, dan bisa menyebar ke organ lain di tubuh. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel di dalam hati bermutasi dan membentuk tumor.

Hati adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi penting. Antara lain adalah untuk membersihkan darah dari racun dan zat berbahaya seperti alkohol dan obat-obatan, menghasilkan empedu yang membantu mencerna nutrisi bagi tubuh seperti lemak, serta mengontrol pembekuan darah. Kanker hati adalah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian. Berdasarkan riset WHO tahun 2015, kanker hati bertanggung jawab atas lebih dari 700.000 kematian, dari 9 juta kematian akibat kanker.

Kanker hati terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kanker hati primer.Muncul dan tumbuh pertama kali di organ hati. Umumnya kanker hati jenis ini terjadi akibat komplikasi dari penyakit hati seperti hepatitis ataupun sirosis.
  • Kanker hati sekunder.Tidak semua kanker yang memengaruhi hati disebut kanker hati. Kanker yang muncul dari organ lain dalam tubuh seperti usus, paru-paru, atau payudara dan kemudian menyebar ke hati disebut kanker metastasis atau kanker yang menyebar.

Kenali Gejala Penyakit Kanker Hati Pada Stadium Awal – Stadium adalah cara untuk mengetahui status kondisi Anda. Tingkat kanker Anda dapat memberitahu jika kanker telah menyebar ke organ lain. Ini juga akan membantu dokter Anda untuk menemukan pengobatan yang terbaik bagi Anda. Berikut tahapan atau stadium perkembangan kanker hati:

  • Stadium I

Muncul satu tumor berukuran mulai dari 5 cm yang belum tumbuh pada pembuluh darah. Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau tempat yang jauh. Fungsi hati pasien masih dalam keadaan normal.

  • Stadium II

Ada beberapa tumor yang berukuran sekitar 5 cm. Namun kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau tempat jauh , sehingga belum mengganggu fungsi hati pasien.

  • Stadium III

Kanker menyebar ke pembuluh darah dan sebuah tumor tumbuh pada organ terdekat (selain kandung empedu), atau tumor telah tumbuh ke luar dan menutupi hati.

Kenali Gejala Penyakit Kanker Hati Pada Stadium Awal

Faktor-faktor penyebab kanker hati adalah:

  1. Jenis kelamin : Penyakit ini jauh lebih umum pada pria daripada perempuan. Kesempatan pria terkena kanker hati sekitar 1 dari 81, sedangkan pada wanita adalah 1 dari 196.
  2. Mengidap hepatitis B atau hepatitis C kronis : Infeksi kronis dengan virus hepatitis B (HBV) atau virus hepatitis C(HCV) dapat menjadi penyebab kanker hati. Jenis virus hepatitis lain, seperti virus hepatitis A dan virus hepatitis E, juga dapat merusak hati Anda.
  3. Sirosis : Sebagian besar pasien yang terkena kanker jenis ini sebelumnya memiliki riwayat penyakit sirosis. Orang dengan sirosis hatinya telah rusak dan mengembangkan jaringan parut pada hati. Inilah mengapa pasien sirosis memiliki risiko terkena kanker jenis ini.
  4. Penyakit metabolik turunan : Keturunan dapat menjadi faktor penyebab kanker hati. Beberapa penyakit metabolik bersifat turunan, misalnya,hemokromatosis
  5. Diabetes : Orang yang memiliki kelainan zat gula darah akan memiliki risiko lebih tinggi mengidap kanker di hati dibandingkan orang yang tidak memiliki diabetes.
  6. Perlemakan hati nonalkoholik :Penimbunan lemak di dalam hati bisa berujung kepada kanker di hati.
  7. Paparan zat aflatoksin : Afatloksin adalah racun berbahaya dalam makanan yang terbuat dari jagung dan kacang-kacangan. Paparan jangka panjang terhadap zat ini merupakan faktor risiko utama sebagai penyebab kanker hati. Risiko bahkan lebih meningkat pada orang dengan infeksi hepatitis B atau C.
  8. Penyalahgunaan alkohol :Konsumsi alkohol setiap hari selama bertahun-tahun akan menyebabkan kerusakan hati dan meningkatkan risiko terkena kanker di hati.
  9. Obesitas : Kelebihan berat badan yang berlebihan alias obesitas dapat mengakibatkan lemak pada jaringan hati dan menyebabkan sirosis, yang berujung pada kanker di hati.
  10. Merokok : Merokok merusak kesehatan Anda dalam setiap kesempatannya dan merupakan salah satu faktor penyebab kanker hati.. Berhenti merokok dapat mengurangi risiko penyakit ini. Akan tetapi karena Anda sudah menumpuk tembakau dalam hati Anda, Anda masih memiliki risiko lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah merokok. Jika Anda memiliki satu atau lebih faktor risiko penyebab kanker hati seperti yang sudah disebutkan di atas, segera konsultasi ke dokter. Hal ini dilakukan untuk menentukan strategi pencegahan yang efektif sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kenali Gejala Penyakit Kanker Hati Pada Stadium Awal – Gaya hidup yang bisa membantu mengatasi kanker hati, Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah yang bisa membantu anda untuk mengatasi penyakit kanker hati adalah:

  • Rutin cek kesehatan ke dokter untuk memonitor progres dari gejala kanker hati dan kesehatan Anda secara keseluruhan.
  • Minum obat sesuai dengan perintah dokter. Jangan menunda, menambahkan, atau mengurangi pengobatan yang diberikan dokter kepada Anda.
  • Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang kanker ini supaya dapat membuat keputusan pengobatan yang tepat.
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Memperhatikan asupan makanan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi.
  • Rajin olahraga.

Kesimpulannya kanker hati masih menjadi masalah serius di Asia, dan pengobatannya masih sulit karena terkait dengan sirosis.  Untuk pencegahan bisa menggunakan produk smart detox silahkan berkonsultasi DISINI 

 

 

Baca Artikel Sebelumnya :

Mengupas Tuntas Tentang Buah Bit Yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Alasan Mengapa Anda Membangun Bisnis Digital Marketing

Kurus Facebook Ads Membuat Fanpage Di SB1M 

Keterangan Produk Smart Detox Synergy Untuk Kesehatan 

 

 

 

 

Leave a Reply